Berawal dari liat instastories temen gue si Okta yang duluan berhasil beli tiket early bird Synchrone Fest 2018. Pada Akhirnya gue jadi celamitan buat ikutan beli di akhir bulan Maret sementara acaranya masih di bulan Oktober 2018. Tapi yaudah gue selow aja karena anggep aja refreshing dari kerjaan pada waktu itu dan gue gak mikir Panjang berhubung gue emang seneng buat nonton konser terus kaya sing along with performer itu emang segitu nyenenginnya buat gue. Acara Synchrone Fest ini adalah acara musik multi-genre yang dibikin selama 3 hari 3 malam dan semua musisi yang manggung disini merupakan musisi tanah air dari berbagai dekade ‘70an, ‘80an, ‘90an sampe 2000an yang di gelar di JiEXpo Kemayoran pada tanggal 5,6,7 Oktober 2018.

Thinktripper.com - Synchronize Festival Day 1
Day 1 – Synchrone Fest

DAY 1 – Datang Lebih Dini Karena Intimate Concert Adhitia Sofyan !

Momen yang gue highlight banget di hari pertama adalah dimana gue datang lebih awal di hari pertama acara tersebut karena line up mas Adhitia Sofyan itu di jam 5 Sore. Jadi sekitar pukul 4 gue udah berada di lokasi untuk mempelajari denah tempat manggung para musisi yang memang gue incer buat nonton di hari pertama karena gak semua musisi bisa gue tonton secara bersamaan paling hanya beberapa musisi yang emang gue udah list buat beneran gue tonton dari awal sampe akhir atau “paling engga” gue liat dia manggung satu atau dua lagu.

Nah di hari pertama karena emang gue niat banget buat datang nonton Adhitia Sofyan jadi gue datang lebih dini dan gak taunya venue tempat doi manggung itu indoor dan berbentuk intimate concert gitu. Paling banyak orang di dalem paling kurang lebih 100 orang itu juga udah lumayan mpet mpetan. Gue gak ngerti sih, apa emang itu request dari musisi atau bukan atau emang panitia ngasih tempat disitu.

Tapi berhubung gue beruntung datang lebih awal jadi gue bisa antri dan masuk buat nonton Adhitia Sofyan dengan set intimate concert sesuatu yang langka bukan? hehe. Totally seneng banget! Nyanyi bareng dan gue udah suka banget sama musiknya mas Adhit dari jaman gue SMA sekitar 10 tahunan lalu dan baru kesampean nonton dia “live” sekarang. Berbagai tembang andalan dibawain dan lagu favorite gue ‘Adelaide Sky’ dan ‘Blue Sky Collapse’ juga gak luput buat dibawain… secara gak sadar gue ngerasa kaya jadi anak SMA lagi pada saat itu #menolaktua.

Di hari pertama ini gue dateng dan nonton sendirian sampe akhirnya gue ketemu sama temen gue si Okta tapi dia Cuma dateng bentar doang di hari pertama dan cuma nonton Dara Muda Project yang waktu itu konsernya barengan sama Adhita Sofyan. Jadi abis ketemu langsung misah lagi dan habis itu dia langsung balik. Gue? ya lanjut nonton lagi sendiri. walaupun agak creepy nonton sendiri tapi gue seneng sih masuk ke kerumunan orang orang ikut nyanyi bareng kenal juga engga tapi asiknya barengan.

Selain nonton Adhitia Sofyan akhirnya gue sempet nonton Dara Muda Project, Jiung, Koil, Sore, The Upstairs dan Danilla. Overall, hari pertama ini seru banget dan The Upstairs itu keren banget secara crowd dan aksi panggungnya. Namun abis Danilla satu lagu gue mutusin buat balik karena esok hari ada acara nikahan salah satu keluarga gue jadi gue skip nonton di hari ke dua padahal ada Sheila on 7 yang pengen banget gue tonton. Kalian tau lah pasti one of reasons seorang ingin nonton Sheila on 7 hueheh… timeless favorite band di Indonesia.

Thinktripper.com - Adhitia Sofyan at Synchronize Festival Day 1
Adhitia Sofyan On Stage
Thinktripper.com - Dara Muda Project at Synchronize Festival Day 1
Dara Muda Project
Thinktripper.com - KOIL at Synchronize Festival Day 3
Koil
Thinktripper.com - The Upstairs at Synchronize Festival Day 1
Timeless Upstairs
Thinktripper.com - The Upstairs at Synchronize Festival Day 3
Timeless Upstairs

DAY 3 – Ditemenin Pacar Nonton, Nasida Ria, Hingga Fourtwenty

Hari ke-3 Synchronize Fest gue ditemenin sama banyak orang. Kebetulan Eva lagi ada di Jakarta karena sehari sebelumnya ada tugas negara buat nemenin gue kondangan di nikahan sodara gue. seminggu sebelumnya berkat maria (ini temen gue) dia berhasil ngajakin eva buat nonton konser ini. Biasanya, Eva orang yang paling males sama kerumunan banyak gitu, pusing katanya mah. Susah memang orang introvert. But I don’t mind. Tapi seingetan gue mah nonton konser bareng dia itu terakhir waktu di Purwokerto dan itu nonton Payung Teduh.

Long story short, berhubung tiket yang mereka beli adalah tiket early entry jadi mau gak mau gue harus masuk ke tempat acara before jam 3 sore. Jadi masih panas bro. yakinilah. Kemayoran jam segitu udah kek macem di Mars (kaya tau aja Mars gimana). Nah kebetulan di hari ke tiga ini adik gue ternyata ingin ikut nonton dan ternyata si Okta juga gak mau rugi karena udah beli tiket terusan tiga hari dan dia dateng agak sore di hari ke 3 cukup banyak sih band yang gue tonton secara full concert-nya di hari ke 3.

Thinktripper.com - Synchronize Festival Day 3
Day 3
Thinktripper.com - Synchronize Festival Day 3
Day 3

NASIDA RIA

Kalian tau iklan Ramayana? Yaaaap ibu ibu kosidahan ini turut menghadirkan Synchronize Fest 2018. Awalnya gue nonton buat seru seruan aja tapi ternyata crowdnya jangan tanya, Gokil! Really entertaining banget itu ibu ibu kosidahan. Skillnnya juga bukan main ada yang sampe main biola tapi mainnya di belakang punggung. Gue lupa pastinya dia bawain berapa lagu. Tapi yang gue gak habis pikir gue kira orang yang dateng mau nonton dia cuma buat seru seruan doang tapi ternyata lagunya pada tau semua bray #bingung #bingung #bingung ku memkirkannya. Menurut gue Nasida Ria adalah salah satu yang paling epic di hari ke 3 synch fest! Sayang aja di taronya di sore hari. Coba kalo malem gue rasa crowd-nya bakalan kaya nonton Dewa19 reuinion atau at least Jambrud di hari itu. Haha

Thinktripper.com - Nasida Ria at Synchronize Festival Day 3
Nasida Ria
Thinktripper.com - Endah & Rhesa The Extended Synchronize Festival Day 3
Endah & Rhesa The Extended
Thinktripper.com - Chandra Darusman & Friends at Synchronize Festival Day 3
Chandra Darusman & Friends
Thinktripper.com - Nona Ria at Synchronize Festival Day 3
NonaRia

FOURTWENTY

Waktu nonton pertama kali live-nya fourtwenty itu di Java Jazz Festival 2018 tapi ngerasa kaya gak puas gitu karena nyanyinya pada jaim jaim. Nih salah satu cuplikan di youtube gue waktu nonton livenya fourtwenty di JJF 2018 . Sebenernya gue pengen ngerasain sesuatu yang beda pas nonton fourtwenty di acara music yang karakternya mereka banget dan gue pikir di Synchronize Fest ini adalah salah satu acara music yang dia banget secara penoton, persona dan tema acaranya.

Beberapa tembang andalannya seperti Aku Tenang, Zona Nyaman, Diam Diam Ku Bawa, dan lainnya hingga Fana Merah Jambu sebagai penutup sukses ngebuat gue ngerasa puas banget nonton mereka sebagai performer. Walaupun yang gue sayangkan adalah di taronya malem banget ! hahahah buat gue yang masuk dari early entry nungguin fourtwenty malah udah abis duluan tenaga gue, ngeliat beberapa penonton yang lain juga udah pada teler kabanyakan Orang Tua *ifyouknowwhatimean* hahaha…

Ngga gue sangka selesai fourtwenty selesai manggung udah jam 12an lewat jadi gue memutuskan buat balik padahal masih ada dewa19 reunion. Tapi berhubung udah cape banget dan besoknya adalah hari senin jadi gue dan yang lainnya memutuskan untuk balik kerumah.

Thinktripper.com - Fourtwenty at Synchronize Festival Day 3
Fourtwenty
Thinktripper.com - Fourtwenty at Synchronize Festival Day 3
Fourtwenty
Thinktripper.com - Fourtwenty at Synchronize Festival Day 3
Fourtwenty

Overall, gue suka banget konser Synchrone Fest ini semuanya musisi lokal dan antusias penontonnya sungguh luar biasa dan yang paling epic adalah band band tahun 90an yang terkenal timeless ini juga sukses bikin penonton nyanyi bareng dan performenya sungguh memuaskan dan gak kalah dengan semangat musisi musisi muda!

Satu hal juga yang gue pelajari buat diri gue pribadi adalah datang ke acara acara kesenian seperti ini bisa membuat kita refresh dan kaya ngasih ide ide baru dan membuang beban pikiran yang dikeluarkan dengan nyanyi dan joget bareng… mungkin bisa kalian coba buat nonton konser buat yang sedang merasa penat atau Lelah dengan kegiatan sehari harinya?

See you soon in Synchronize Fest Selanjutnya !

Cheers,

Rifqi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *